JR Pass, Tiket Sakti untuk Keliling Jepang dengan Shinkansen

Kalau Anda berkesempatan untuk pergi ke Jepang untuk berwisata, gunakanlah Japan Rail Pass, atau sering disingkat dengan JR Pass. JR Pass ini adalah tiket khusus yang memudahkan turis mengelilingi Jepang memakai kereta api dengan bebas. Namun Anda tentunya tak bisa langsung membeli tiket ini begitu saja. Lebih baik bagi Anda untuk memanfaatkan jasa dari agen atau tempat jual tiket JR Pass seperti di Bobobobo.

Baca Juga : Persiapan ke Event DWP 2017

JR Pass ini hanya khusus berlaku untuk turis dan bukan bagi warga negara Jepang itu sendiri. Jadi memang hanya orang dari luar Jepang saja yang diperbolehkan memegangnya untuk sementara. Dengan menggunakan tiket JR Pass ini, Anda akan bisa dengan nyaman berkeliling Jepang dengan menggunakan kereta Shinkansen yang super cepat tersebut, yang melewati berbagai kota besar di Jepang seperti Tokyo, Osaka, Nagoya, dan Sapporo.

Tiket JR Pass ini sendiri berlaku antara 7 sampai dengan 14 hari, tergantung jenis JR Pass yang Anda beli. Tiket yang paling murah jelas tiket selama 7 hari, dan biasanya ini sudah lebih dari cukup bagi banyak turis yang pergi ke Jepang dalam waktu singkat. Anda akan lebih untung menggunakan JR Pass ini dibandingkan dengan menggunakan tiket kereta biasa.

Kenapa menggunakan JR Pass lebih menguntungkan? Ini karena :

  • JR Pass memungkinkan Anda langsung naik kereta Shinkansen tanpa harus membayar lagi di Jepang.
  • Harga untuk JR Pass ini juga lebih ekonomis. Anda terutama akan sangat merasakan perbedaannya jika Anda mengambil rute dari Tokyo menuju Osaka pulang pergi.
  • Dengan menggunakan JR Pass, Anda juga sekalian bisa melakukan reservasi kursi di Shinkansen, memastikan Anda selalu mendapatkan tempat.

Biasanya, agen wisata akan menawarkan JR Pass ketika Anda pergi ke Jepang. Tapi kalau Anda mau membelinya sendiri, Anda bisa memanfaatkan fasilitas dari Bobobobo. Di sini, Anda bisa memilih untuk membeli JR Pass dengan cara sebagai berikut ini :

  1. Masuklah ke situs Bobobobo, dan pilih tab dengan tulisan Travel & Events, lalu pilih Tickets & Activities.
  2. Pilih durasi JR Pass yang Anda inginkan, apakah 7 atau 14 hari.
  3. Tentukan berapa banyak tiket yang Anda perlukan, kemudian langsung masukkan ke Add to Cart, dan ikuti instruksinya.
  4. Setelah Anda selesai membayar, silakan kirim tanggal kapan Anda tiba di Jepang, serta bukti fotokopi atau scan paspor Anda di email travel@bobobobo.com agar bisa diproses.
  5. Anda akan dihubungi oleh petugas dari Bobobobo untuk proses lebih lanjut.

Bobobobo adalah tempat beli tiket JR Pass murah jika dibandingkan dengan yang lainnya. Biasanya, rata-rata harga JR Pass ini adalah sekitar Rp4 jutaan untuk tiket selama 7 hari. Tapi di Bobobobo, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih rendah. Jika Anda membeli di hari-hari tertentu, Anda bahkan bisa mendapatkan diskon dari Bobobobo.

JR Pass memang biasanya digunakan untuk menumpang kereta Shinkansen yang mengelilingi kota-kota besar di Jepang. Tapi sebenarnya, JR Pass ini tidak hanya khusus untuk kereta cepat itu saja. Anda juga akan bisa menggunakan tiket ini untuk menggunakan transportasi seperti berikut ini :

  • Bisa dipakai menumpang semua jalur kereta api di bawah kendali Japan Railways.
  • Bisa dipakai menumpang Tokyo Monorail menuju ke Bandara Haneda dan sebaliknya.
  • Bisa dipakai menumpang kapal ferry (JR Ferry) menuju ke Miyajima.
  • Bisa dipakai untuk menumpang bus antar kota.

Sangat menguntungkan menggunakan JR Pass ini, bukan? Anda tak perlu repot lagi membeli tiket kereta, dan Anda bisa langsung menggunakannya sebagai satu tiket langsung menuju ke tempat-tempat tujuan utama wisata. Di Bobobobo, tawaran JR Pass ini mencakup tawaran sebagai berikut :

1. JR Pass 7 hari Hokuriku Arch

Anda akan bisa mengeksplorasi bagian-bagian kota di Jepang yang memiliki nilai sejarah yang sangat kaya. Rutenya adalah Tokyo – Kyoto – Osaka, dengan harga Rp2.720.000,00 untuk orang dewasa. Ini termasuk :

  • Voucher JR Pass yang berlaku 7 hari.
  • Akses 7 hari menggunakan Hokuriku Shinkansen serta kereta-kereta di kawasan Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hokuriku.
  • Tidak termasuk makan, minum, penerbangan, maupun pengeluaran pribadi.

2. JR Pass 7 hari

Paket ekonomis bagi Anda yang ingin mengekplorasi kota-kota di Jepang. Harganya Rp3.225.000,00 untuk orang dewasa, dan Rp1.625.000,00 untuk anak usia 6-11 tahun. Ini termasuk :

  • Paket wisata JR Pass selama 7 hari.
  • Akses ke kereta JR Group Railways Shinkansen, kereta lokal, bus antar kota, Tokyo monorail, dan ferry JR Miyajima.

3. JR Pass 14 hari

Paket liburan ke Jepang selama 14 hari dengan harga Rp5.150.000,00 untuk dewasa, dan Rp2.600.000,00 untuk anak 6-11 tahun. Paket di dalamnya sama dengan paket JR Pass 7 hari, hanya jumlah harinya yang berbeda.

Jika Anda memesan JR Pass ini di Bobobobo, maka Anda akan bisa menukarkan JR Pass ini begitu sampai di Jepang. Begini caranya :

  1. Begitu sampai di Jepang, segera cari kantor JR Pass yang paling dekat sehingga Anda bisa menukar Exchange Order Anda dengan JR Pass.
  2. Berikan Exchange Order tersebut bersama dengan data diri Anda (paspor) untuk divalidasi datanya.
  3. Isi formulir dengan data pribadi, seperti nama lengkap, negara asal, tempat Anda menginap di Jepang, dll.
  4. Sebutkan tanggal Anda mulai memakai JR Pass ini sampai dengan tanggal terakhir Anda memakainya.
  5. Setelah proses lebih lanjut oleh petugas, Anda akan bisa menggunakan JR Pass ini untuk mengelilingi Jepang dengan kereta.

Anda yang bermaksud untuk bepergian dengan menggunakan JR Pass ini sebaiknya menyiapkannya dari Indonesia sebelum Anda berangkat sedini mungkin. Dengan demikian, jika ada masalah atau terjadi kesulitan, Anda masih bisa memiliki waktu untuk mengubahnya. Namun untungnya, biasanya untuk wisata ke Jepang seperti ini, birokrasi nya tak terlalu sulit sehingga Anda seharusnya tak mengalami masalah berarti.

Supaya Anda tak mengalami kesulitan, taatilah syarat serta ketentuan yang ada, seperti :

  • Setelah menukarkan JR Pass dan mencetaknya, Anda tak bisa lagi mengembalikannya atau pun mencetak ulang.
  • Anda hanya bisa membeli JR Pass di luar negara Jepang.
  • Exchange Order bukanlah JR Pass dan harus ditukarkan lebih dahulu di Jepang sebelum bisa dipakai.
  • Pesan JR Pass paling maksimal 14 hari sebelum Anda berangkat.
  • JR Pass berlaku sampai 3 bulan setelah Anda membelinya.
  • Jika anak Anda sudah usia 6-11 tahun, mereka wajib memiliki JR Pass sendiri.

Anda bisa melihat informasi tentang tempat jual tiket JR Pass ini secara lebih lanjut di website Bobobobo. Di sini, Anda juga akan bisa merencanakan ke mana saja Anda akan berangkat jika berwisata ke Jepang, dan langkah-langkah untuk mengurusnya. Jika Anda mengalami masalah, Anda bisa langsung menghubungi Bobobobo untuk membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *