Ketahui Cara Merawat Alat Make Up dengan Baik dan Benar!

Make up adalah kebutuhan wanita sekarang ini karena tidak dipungkiri wanita yang telah mengenal make up pasti akan merasa kecanduan untuk selalu menggunakannya. Adapun apabila dahulu wanita yang menggunakan make up adalah orang yang telah dewasa sekarang ini banyak anak SMA juga telah menggunakan make up dan bahkan untuk alat make up yang dipunyai nya tidak kalah lengkap dibandingkan make up yang dipunyai oleh orang dewasa. Padahal sebenarnya kulit anak muda masih sangat baik dan sebenarnya tidak boleh terlalu memakai make up yang berlebihan dan harus dibersihkan dengan seksama setelah memakai make up tersebut agar tidak timbul masalah kulit muka seperti jerawat dan masalah kulit muka lainnya.

Bagi yang telah mengerti dan tahu cara memakai make up pasti mengetahui dengan pasti alat apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan make up sehingga akan tampil lebih cantik dan percaya diri. Terutama apabila digunakan untuk datang ke acara penting seperti resepsi, pesta, wisuda, dan acara yang sifatnya resmi lainnya.

Beberapa jenis make up yang dapat diaplikasikan ke wajah tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Bedak adalah jenis make up yang dioleskan ke seluruh muka dan juga tidak lupa ke bagian leher agar warna leher dan muka tersebut tidak berbeda.
  • Foundation merupakan jenis make up dasar yang dioleskan sebelum bedak untuk dapat mengunci warna bedak tersebut. Sehingga bedak dapat lebih awet ketika diaplikasikan di muka. Bagi masyarakat yang tidak bisa menggunakan foundation ini sendiri sekarang bisa untuk memilih beda two way cake dimana merupakan variasi bedak dengan foundation yang ada dalam satu produk.
  • Lipstik merupakan alat untuk make up yang diaplikasikan pada bibir dengan pilihan banyak warna yang ada.
  • Eyeshadow adalah alat yang digunakan pada kelopak mata dengan berbagai pilihan warna yang ada.
  • Eyeliner adalah membuat garis dimata agar terlihat lebih tajam.
  • Pensil alis merupakan alat yang memang menyerupai pensil untuk menggambar alis pada muka.
  • Blush adalah jenis warna yang diaplikasikan pada pipi sehingga memberikan kesan yang merona.

Untuk mendapatkan hasil yang baik tentu saja Anda harus menggunakan peralatan make up yang tepat. Karena banyak sekali alat yang ditawarkan di pasaran dengan cara membeli yang bisa dengan membeli eceran, membeli paketan, bahkan juga dengan wadah khusus untuk peralatan make up tersebut sehingga akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Misalnya untuk peralatan yang dapat dibeli secara khusus adalah berbagai jenis brush baik untuk eye shadow, untuk lipstik, blush on yang didapatkan secara terpisah. Tetapi ada juga satu paket peralatan make up yang bisa dipilih untuk dapat lebih berhemat dan juga dapat untuk menjadi tempat sendiri sehingga akan lebih mudah dan praktis dibawa kemana-mana.

Selain dari jenis alat yang bisa digunakan untuk dapat bermakeup seperti di atas, tahap selanjutnya untuk mendapatkan hasil make up yang bagus juga harus dengan memperhatikan mengenai kebersihan peralatan make up tersebut. Sehingga nantinya tidak hanya akan mendapatkan hasil riasan yang bagus tetapi juga terhindar dari bakteri yang mungkin menempel pada peralatan make up yang digunakan. Dimana ada beberapa cara untuk merawat peralatan make up tersebut dengan benar dari jenis alat yang digunakan seperti berikut ini:

Brush

Brush untuk make up
Sumber gambar : https://www.makeupgeek.com

Brush merupakan kuas yang mempunyai bulu-bulu diatasnya yang dapat digunakan untuk berbagai peralatan make up. Jenis ini bisa digunakan untuk alat kosmetik seperti mengaplikasikan eye shadow, untuk memberikan warna pada bibir dengan lipstik, memberikan blush on pada pipi, dan juga bahkan ada yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan bedak. Sehingga brush ini merupakan peralatan make up yang sangat wajar dan banyak digunakan oleh wanita.

Karena manfaatnya yang banyak untuk dapat digunakan sebagai peralatan make up yang digunakan untuk banyak hal tersebut brush ini harus mendapatkan perawatan yang maksimal. Sehingga dengan perawatan yang dilakukan brush make up ini akan awet digunakan dan tentunya akan bersih dari kuman-kuman yang dapat menempel dan juga turut serta akan mengganggu dan merusak kulit ketika digunakan. Cara perawatan untuk alat brush ini sendiri cukup dengan dibersihkan secara rutin saja minimal satu minggu sekali. Sehingga tidak akan memberikan bakteri untuk menempel dan menyebar sehingga akan dapat merusak kulit ketika brush bersentuhan dengan make up yang diaplikasikan kepada kulit kita. Apabila ingin membersihkan brush ini cukup menggunakan shampo dan kemudian dibilas hingga bersih menggunakan air hangat dan kemudian tunggu kering dan brush dapat dipakai lagi.

Spons

Spons untuk make up | Aplikator wajah yang menjadi favorit banyak orang ini berbentuk mungil namun memiliki serat yang lembut dan padat.
Sumber gambar : https://journal.sociolla.com

Merupakan peralatan make up yang digunakan untuk mengaplikasikan bedak dan foundation. Dimana alat ini tentu akan sering digunakan sehingga juga harus tetap dijaga kebersihannya agar tidak ada bakteri yang menempel. Cara merawat spons ini sendiri juga sangat mudah dengan mencucinya menggunakan sabun dan bilas menggunakan air hangat sebelum akhirnya dapat digunakan kembali.

Penjepit Bulu Mata

Penjepit Bulu Mata
Sumber gambar : https://journal.sociolla.com

Adalah peralatan make up selanjutnya harus dibersihkan dengan benar karena dapat untuk membuat iritasi mata apabila terjadi kontak bakteri ketika kita menggunakan maskara. Cara membersihkan alat ini sendiri cukup simple yaitu dengan membersihkannya dengan sabun cair dan air hangat. Lakukan langkah perawatan ini minimal dua minggu sekali sehingga tetap dapat menjaga kebersihan penjepit bulu mata tersebut.

Sisir

sisir dengan cushion
Sumber gambar : https://journal.sociolla.com

Merupakan alat yang digunakan untuk merapikan rambut dengan mudah. Alat ini mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih tergantung dari bentuk dan fungsinya masing-masing. Sisir ini juga merupakan alat kecantikan yang harus dibersihkan dengan rutin karena digunakan untuk menyisir rambut hingga kulit kepala sehingga tidak heran apabila ada ketombe, kotoran, minyak, dan juga rambut yang ikut. Sehingga juga harus dirawat dengan benar yaitu dengan cara merendam sisir tersebut selama 10 menit dan membersihkannya dengan sikat gigi. Setelah itu sisir tinggal dibilas dan bisa untuk digunakan kembali.

Selain perawatan tersebut salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ketika menggunakan peralatan make up adalah dengan melihat tanggal kadaluarsa dari make up tersebut. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi bukan hanya hasil tetapi juga akibat dari penggunaan alat tersebut. Apabila Anda nekat untuk menggunakan make up yang kadaluarsa maka bisa menyebabkan kerusakan kulit seperti jerawat, iritasi, dan masalah kulit lainnya.

Kandungan juga menjadi hal penting untuk diperhatikan ketika memilih alat make up yang akan dibeli. Dimana Anda seharusnya menggunakan peralatan make up yang alami dengan merek dan harga yang mahal tidak apa-apa asalkan dapat menjaga kulit agar tidak bermasalah.

Beli alat make up branded di Bobobobo, eCommerce Luxury Fashion pertama di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *