Cara Mengetahui Sepatu Converse All Star Asli dan Palsu

Dengan banyaknya brand sepatu membuat bentuk sepatu terus berkembang dan bermacam-macam. Inovasi demi inovasi dibuat demi memuaskan masyarakat yang selalu haus akan hadirnya perkembangan model sepatu. Apalagi, para pecinta sepatu bukan hanya mencari alas kaki yang nyaman di kaki, tetapi juga yang memiliki desain variatif. Meskipun banyak bentuk dan brand sepatu yang ada di pasaran, ada satu brand sepatu yang tidak pernah berubah namun tetap memiliki kharisma dan daya tariknya sendiri.

Sepatu tersebut hadir dengan bahan karet dan kanvas, serta tali yang sederhana. Brand yang terkenal memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepatu seperti ini adalah Converse. Walaupun Converse juga memiliki sepatu dengan material dan model lain, tetapi saat nama Converse disebut, mungkin bentuk sepatu dari Converse yang pertama kali muncul dari kepala kita adalah sepatu kanvasnya.

Baca Juga:

Meskipun sederhana, Converse telah memiliki nama besarnya di hadapan dunia yang dicintai oleh banyak orang. Semakin terkenalnya sepatu merek ini, semakin banyak pula pemalsuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bagi kalian yang ingin membeli atau melakukan cek pada sepatu Converse kalian, berikut beberapa cara untuk mengetahui sepatu Converse All Star asli dan yang palsu.

1. Harga sepatu

Sebelum Anda melakukan pembelian, pastikan Anda membeli di tempat yang terpercaya. Jika Anda membeli secara online, Anda bisa mencari review website tersebut atau toko online tersebut asli atau tidak. Dan untuk yang offline, lebih baik Anda membeli di toko officialnya. Harga sepatu Converse yang asli biasanya berada pada kisaran Rp500 ribu ke atas, sejak Converse dimiliki oleh Nike Inc., kualitas sepatu Converse semakin baik. Maka harganya pun mengalami penyesuaian. Jika Anda membeli sepatu seharga Rp50 ribu – Rp200 ribu, mungkin sepatu yang Anda beli atau miliki adalah palsu.

2. Box sepatu

Ini adalah cara yang cukup mudah untuk membedakan sepatu Converse yang asli dan yang tidak. Karena kotak kemasan sepatu Converse memiliki kode yang ada pada sepatunya. Sepatu dalam box juga memiliki tag khusus dari Converse yang menjadi ciri khasnya.

3. Kualitas sepatu

Kualitas sepatu Converse yang asli bisa dilihat dari beberapa sisi, pertama jika sepatu itu dipegang dan dijatuhkan terasa berat karena bahannya yang kuat. Sepatu bersifat awet, tidak lemas, tidak mudah rusak. Pada bagian ujung sepatu terasa licin saat di usap, berbeda dengan yang palsu akan terasa kasar. Selanjutnya mudah dilipat, garis pada bagian karet tidak akan pudar atau luntur setelah digunakan. Berbeda dengan yang palsu lama kelamaan akan luntur saat sering digunakan dan kena gesekan. Perhatikan juga lambang bintang dan tanda tangan Chuck Taylor pada sepatu All Star. Keduanya harus tercetak secara rapi, tidak berantakan. Sepatu Converse yang asli memiliki jahitan dengan kualitas yang sangat baik, rapi, dan menggunakan teknologi tinggi dan kualitas kontrol yang baik. Bukan hanya jahitan luarnya, tetapi juga bagian dalam. Lem perekatnya terlihat rapi, solnya bersifat kuat dan kesat.

4. Kode sepatu

Semenjak diakusisi oleh Nike, Converse tidak lagi memiliki pabrik di Amerika Serikat, Converse diproduksi di Tiongkok, Indonesia, dan Vietnam. Kode produksi Indonesia memiliki kodenya sendiri (6X adalah buatan pabrik di Tangerang, 6Y buatan pabrik di Sukabumi, 6K dari Bogor, 6C di pabrik Purwakarta). Untuk dari negara Vietnam memiliki kode 9C, 9D, 9H, dan 9Z. Sedangkan Tiongkok memiliki kode 7B, 7K 7L dan 7D. Sebenarnya India juga memproduksi sepatu Converse, namun tiga pabrik manufaktur utama ada di Tiongkok, Indonesia dan Vietnam. Dari India memiliki kode berawalan 2. Maka jika Anda membeli sepatu buatan Indonesia tetapi kodenya tidak berawalan 6, bisa diindikasikan bahwa sepatu tersebut palsu.

Kini Converse telah tercatat sebagai salah satu ikon merek dagang yang paling legendaris dan paling laku di dunia. Pertama kali memulai produksinya di tahun 1908, Converse selalu menarik perhatian dunia karena sepatunya selalu memberikan jawaban berbeda dari tiap individu yang menyukai sepatu ini. Selain mudah dipadu padankan dengan pakaian atasan, bawahan dan aksesoris lainnya, sepatu Converse menjanjikan kualitas dan model yang tidak termakan waktu.

Informasi ini dipersembahkan oleh: Bobobobo

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *