Tips Memilih Dress Batik yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Batik dahulu sangat identik dengan busana untuk keraton dan sering dikenakan untuk kegiatan formal, seperti upacara adat, pernikahan, dlsb. Namun saat ini, busana dari batik sudah cukup meluas pemakaiannya. Kita sering melihat masyarakat menggunakan batik untuk berbagai kegiatan. Mulai dari busana untuk kerja, bersantai, untuk kuliah, untuk sekolah, untuk jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Hal ini karena seiring dengan perkembangan zaman, batik didesain ke berbagai jenis busana dengan sentuhan modern. Sehingga batik bisa menunjang penampilan si pemakai menjadi lebih trendy. Entah itu berupa dress batik, kemeja batik, rok batik, celana batik, outer batik, dlsb.

Bagi wanita, dress merupakan salah satu jenis model pakaian yang akan membuat pemakainya terlihat lebih anggun dan feminin. Maka tak heran jika dress menjadi salah satu koleksi busana yang harus ada di dalam lemari pakaian wanita. Dress atau gaun wanita bisa digunakan sesuai dengan jenis acara yang sedang dihadiri. Agar tampilan lebih menawan, pilihan dress dari batik bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Seperti yang kita ketahui, batik di Indonesia sangat kaya dengan berbagai motif dan warna yang beragam. Tentunya sangat sayang jika tidak kita jadikan sebagai penunjang dalam gaya berbusana. Terlebih sejak banyak desainer di Indonesia yang menggunakan batik pada setiap hasil rancangan busananya, batik menjadi semakin populer. Terbukti dengan cukup mudahnya kita menemukan batik dalam desain yang lebih modern dan fashionable. Dikenal dan dikenakan oleh banyak orang dari seluruh dunia, tentunya dengan mengenakan gaun batik akan ada kepuasan tersendiri. Kita jadi ikut melestarikan salah satu warisan budaya yang sudah turun temurun sejak nenek moyang.

warangka batik Olive Faux Tie Outer

warangka batik Olive Faux Tie Outer. Credits : Bobobobo

Memilih gaun batik mungkin tidak begitu mudah bagi beberapa wanita. Sehingga tips-tips berikut sekiranya bisa membantu untuk mendapatkan gaun batik yang tepat sesuai dengan kebutuhan. adapun tips-tipsnya, yaitu :

1. Pertimbangkan jenis bahan batik

Moxie High-Waist Pants - Gray by Warangka Batik

Moxie High-Waist Pants – Gray by Warangka Batik. Credits : Bobobobo

Tips pertama yang perlu Anda lakukan saat memilih dress batik adalah pertimbangan jenis bahannya. Untuk Anda yang ingin menggunakan gaun batik untuk kegiatan di tempat dengan udara yang panas, maka sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan katun. Karena katun memiliki sifat yang mudah menyerap panas dan keringat. Sehingga saat Anda tampil anggun dengan gaun batik, tubuh tidak akan merasa kegerahan. Gaun batik berbahan katun sangat cocok digunakan untuk kegiatan santai, busana kerja, atau untuk pergi ke kampus. Nah, untuk yang sedang mencari gaun batik untuk acara pesta. Maka gaun batik dari bahan sutra bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena akan memberikan kesan mewah pada gaun yang dikenakan.

2. Pemilihan warna gaun batik

Blue Wyn Wrap Skirt by Warangka Batik

Blue Wyn Wrap Skirt by Warangka Batik. Credits : Bobobobo

Untuk pemilihan warna gaun batik, bisa Anda sesuaikan dengan warna kulit masing-masing. Untuk yang wanita dengan kulit putih cerah, warna batik apapun bisa dengan mudah cocok untuk dikenakan. Namun berbeda dengan wanita yang memiliki kulit gelap, perlu diperhatikan warna gaun batik agar saat dikenakan kulit yang gelap tetap stunning dengan gaun yang dikenakan. Untuk yang berkulit gelap akan lebih cocok dengan gaun batik dengan warna yang cenderung gelap, seperti coklat tua, merah hati, dlsb karena kulit akan terlihat lebih cerah.

3. Model gaun batik yang sesuai

July Asymmetric Tulle Dress - Gray by Warangka Batik

July Asymmetric Tulle Dress – Gray by Warangka Batik. Credits : Bobobobo

Bentuk tubuh antara wanita satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada yang bertubuh kurus tinggi, gemuk tinggi, pendek kurus, pendek gemuk, hingga yang bertubuh ideal. Untuk wanita dengan tubuh ideal tentu saja memilih model gaun batik yang tepat tidaklah begitu sulit. Namun berbeda dengan wanita yang memiliki tubuh gemuk ataupun kurus. Sebaiknya, pilih gaun dengan model yang simple dan memiliki potongan berbentuk V pada leher untuk Anda yang memiliki bentuk tubuh besar atau gemuk. Hindari gaun dengan banyak renda atau lipatan karena akan membuat kesan tubuh terlihat semakin besar. Sedangkan untuk Anda yang memiliki tubuh kurus, pilih model gaun yang mengembang untuk memberi kesan tubuh yang lebih berisi. Gaun berenda dan banyak lipit-lipit juga cocok untuk wanita yang bertubuh kurus. Perhatikan potongan leher gaun, karena bagi yang bertubuh kurus akan lebih cocok dengan gaun berleher bulat. Selain itu lengan gaun yang bergelembung juga akan menambah kesan berisi, seperti lengan balon, lonceng, dlsb.

4. Corak atau motif kain batik

Janet Dress - Black by PURANA

Janet Dress – Black by PURANA. Credits : Bobobobo

Sama seperti saat pemilihan warna gaun batik, Anda bisa memilih motif batik yang tepat dengan melihat bentuk tubuh masing-masing. Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh gemuk, akan lebih tepat menggunakan gaun batik dengan motif berukuran kecil-kecil. Sedangkan untuk Anda yang bertubuh kurus, gaun batik dengan motif berukuran besar akan lebih tepat karena bisa menambah kesan tubuh yang lebih berisi.

5. Menyesuaikan dengan jenis acara yang dihadiri

Riley Outerwear - Green by PURANA

Riley Outerwear – Green by PURANA. Credits : Bobobobo

Untuk Anda yang mengenakan gaun batik untuk bekerja, tentu akan lebih tepat memilih gaun dengan corak atau motif yang memberi kesan formal, seperti motif dengan unsur garis dan geometris dari golongan parang dan udan liris. Selain itu pilih gaun batik yang tidak mudah kusut dan dapat menyerap keringat selama digunakan seharian bekerja. Untuk warna batik juga perlu diperhatikan. pilihlah warna yang cocok digunakan untuk suasana kerja dan netral, seperti hitam, coklat, krem, dlsb. Sedangkan untuk Anda yang mencari gaun batik untuk acara pesta, bisa memilih motif yang semi formal dan warna yang disesuaikan dengan tema acara. Untuk kegiatan santai, pilihan gaun batik yang bisa Anda pilih tentunya bisa lebih beragam. Anda bisa memilih motif bebas dengan warna yang cerah untuk menunjang penampilan.

6. Sesuaikan dengan padanan yang pas

Agar gaun yang dipilih terlihat lebih menarik saat dikenakan, maka perhatikan padanan yang sesuai. Anda bisa mencari gaun batik sesuai dengan tas yang Anda miliki atau aksesoris yang Anda miliki. Untuk yang berhijab bisa menyesuaikan gaun yang dibeli dengan jilbab yang dimiliki. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot membeli aksesoris atau padanan lain untuk menunjang penampilan gaun batik yang dikenakan. Untuk yang menggunakan gaun batik untuk bekerja di kantor, maka outer berupa blazer sangat cocok sebagai padu padan. Anda bisa mengkombinasikan gaun slim fit dengan panjang sampai lutut dengan outer blazer yang polos. Sesuaikan warna blazer yang matching dengan gaun batik yang Anda kenakan agar tetap terlihat elegan. Alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan scarf untuk menunjang penampilan formal gaun batik Anda saat bekerja di kantor. Tentunya hal ini akan membuat penampilan Anda terlihat lebih fashionable.

warangka batik Olive Lucid Square Top

warangka batik Olive Lucid Square Top. Credits : Bobobobo

Nah, itu tadi sedikit tips untuk Anda yang ingin membeli dress batik. Pilihan guan batik dengan berbagai model cukup mudah ditemukan di butik, toko pakaian, dan online store. Sehingga bagi Anda yang ingin membeli gaun batik tidak akan begitu kesusahan. Dengan menerapkan tips-tips yang sudah dikemukakan sebelumnya, nantinya Anda bisa mendapatkan gaun batik yang tepat.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *