Ini Dia Rahasia Sukses IELTS Score Tinggi dan Mudah Masuk Universitas Ternama Dunia

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang cukup penting sekali dalam dunia pendidikan. Hal itu tentu saja melihat persaingan secara global cukup ketat sekali, disinilah alasan kenapa para universitas berlomba mencetak lulusan yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris.

Begitu pula saat akan masuk dalam sebuah universitas ternama dalam negeri maupun luar negeri, bahkan ada kemampuan khusus seperti mempunyai IELTS score tinggi. Memang bukan hanya IELTS saja yang bisa diuji saat memasuki kuliah, tetapi ada pilihan untuk TOEFL juga.

Sebagai salah satu calon mahasiswa yang ingin dengan mudah masuk universitas ternama, tentu saja harus paham syarat apa saja yang bisa mempermudah prosesnya tersebut. Begitu pula perbedaan dari TOEFL dan IELTS score sendiri. Nah, sebelum membagi mengenai rahasia dari suksesnya tes tersebut. Anda perlu paham pula mengenai perbedaan dari keduanya yang akan dijelaskan dari beberapa pandangan penting seperti:

1. Beda tujuan

Yang pertama ternyata untuk kedua jenis tes bahasa Inggris tersebut mempunyai tujuan yang berbeda. Untuk TOEFL sendiri umumnya diikuti oleh beberapa orang yang mempunyai kemampuan dalam berbicara, membaca, memahami, menulis ataupun lainnya dalam bahasa Inggris untuk dapat mengikuti sebuah perkuliahan yang khusus bahasa tersebut. Berbeda dengan IELTS yang dapat digunakan untuk keperluan visa, mendapatkan pekerjaan, ataupun sebagai persyaratan mendaftar dan melanjutkan sekolah di luar negeri.

2. Beda struktur

Kedua perbedaan tersebut berada pada bagian stuktur keduanya, mengenai IELTS umumnya Anda akan diminta untuk melengkapi beberapa modul yang berisikan tes menulis, membaca sampai dengan mendengarkan dan diikuti tes berbicara secara tatap muka dengan seorang penguji. Lalu setelah selesai, akan mendapatkan IELTS score yang menunjukkan tingkat kemampuan Anda, skor tertingginya 9. Berbeda dengan TOEFL yang sebenarnya melalui beberapa bab yang sama, hanya untuk pengerjaan pada tempat ataupun online dengan batasan waktu. Skor tertinggi untuk versi ujian TOEFL iBT yaitu 120, sedangkan untuk versi TOEFL ITP yaitu 677.

3. Beda standar

Selanjutnya mengenai standar dari keduanya yang ternyata berbeda, ini bisa dilihat dari tujuannya. Untuk sebuah pendaftaran pada program sarjana di universitas dunia, umumnya mensyaratkan TOEFL iBT 79-80 atau dengan skor ITP 550. Lalu untuk S2 dan S3 akan berbeda lagi yang setara dengan 600-650. Begitu pula dengan IELTS yang untuk sarjana, pasca sarjana ataupun yang lain pasti berbeda. Sedangkan untuk IELTS, persyaratan standar IELTS jenjang sarjana biasanya pada rerata IELTS score 6.0. Untuk jenjang pasca sarjana umumnya dibutuhkan score IELTS 6.5 tanpa ada band score yang di bawah 6.0 namun ini bisa berbeda antara satu lembaga Pendidikan ke yang lainnya.

Setelah melihat dari beberapa perbedaan diatas tentu saja Anda semakin paham seperti apa perbedaan masing-masing ujian bahasa Inggris tersebut. Jika Anda masih bingung mengikuti jenis tes yang mana, tentu saja hal itu bisa dilihat terlebih dahulu dari tujuannya. Bila untuk melanjutkan studi pendidikan dan ternyata IELTS menjadi syarat, tentu Anda bisa memilih jenis mana yang paling tepat. Pada intinya Anda harus paham dari keduanya. Jika semuanya sudah dipahami dan dijalankan dengan kemampuan terbaik, bukan tidak mungkin sekolah di universitas ternama luar negeri akan lebih mudah lagi.

Untuk bisa menguasai IELTS dan TOEFL memang bukanlah hal mudah, bahkan banyak sekali orang yang harus mengikuti beberapa kali kursus sampai dengan bisa mendapatkan skor tinggi dan sukses dalam pendidikan ataupun karirnya. Tetapi kesulitan itu bukan menandakan bahwa tes bahasa Inggris tersebut tidak dapat dilalui. Apalagi ketika Anda sudah paham tips atau rahasia seperti apa supaya dapat sukses. Nah, berikut ini ada beberapa jenis buku panduan yang dapat membantu Anda untuk bisa sukses IELTS dengan skor tertinggi yaitu :

1. Improve your IELTS writing

Improve Your IELTS: Writing Skills Paperback

Improve Your IELTS: Writing Skills Paperback – 15 Dec 2006 by Sam McCarter (Author)

Ini merupakan salah satu judul buku yang cukup direkomendasikan sekali bagi para mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam hal writing. Buku yang ditulis oleh Macmillan ini membahas mengenai apa saja gaya penulisan yang berbeda dan dapat memberikan hasil atau meningkatkan kemampuan writing IELTS score yang Anda ikuti. Dengan buku ini Anda akan mendapatkan banyak sekali gambaran, bisa dipelajari secara pribadi ataupun dengan instruktur.

2. IELTS Introduction

IELTS Introduction Student's Book Paperback

IELTS Introduction Student’s Book Paperback – Import, 1 Feb 2012 by Sam McCarter (Author)

Anda sudah pernah mengikuti tes IELTS dan masih mempunyai nilai dibawah dan menengah antara 4.0-5.0? Nah, ini merupakan salah satu jenis buku yang paling direkomendasikan sekali untuk Anda. Jadi dalam buku ini memang masih sangat dasar sekali mulai dari bahasan kosakata sederhana, grammar dan beberapa jenis lainnya yang dapat membantu peningkatan kemampuan secara lebih kompleks.

3. IELTS Foundation

IELTS Foundation Second Edition Student's Book

IELTS Foundation Second Edition Student’s Book

Buku yang masih ditulis oleh orang yang sama dengan sebelumnya ini juga cukup direkomendasikan. Jangan salah, pada buku ini mempunyai banyak sekali edisi yang bisa mencakup beragam topic pembahasan seperti grammar, kosakata, ataupun yang penting lainnya. Bagi Anda yang masih cukup sulit untuk memahami jenis grammar bisa dibantu dengan menggunakan buku satu ini.

4. Speaking for IELTS

Speaking for IELTS (Collins English for Exams) None Edition

Speaking for IELTS (Collins English for Exams) None Edition by Karen Kovacs (Author)

Tidak kalah bermanfaat dari beberapa jenis buku yang telah disebutkan sebelumnya. Ini merupakan salah satu buku yang sangat cocok sekali untuk membantu Anda khususnya dalam hal pelafalan. Menariknya dari jenis buku ini sudah disertai dengan CD yang tentu berisikan banyak soal IELTS serta jawaban dan juga penjelasannya. Nah, dengan begitu buku ini sangat cocok sekali untuk digunakan saat belajar sendiri ataupun secara berkelompok.

5. Objective IELTS

Speaking for IELTS (Collins English for Exams) None Edition

Speaking for IELTS (Collins English for Exams) None Edition by Karen Kovacs (Author)

Cambridge tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia IELTS, bahkan beberapa ujian sering sekali diselenggarakan. Nah, tidak salah pula jika Anda memilih buku yang dikeluarkan oleh penulis tersebut. Kelebihan utama dari jenis buku ini adalah berisikan berbagai perbedaan ide-ide yang tidak akan Anda temukan pada buku jenis lainnya. Dengan menggunakan jenis buku ini tentu Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan dalam memperoleh skor IELTS tertinggi. Banyak aspek yang diulas pada buku ini, salah satunya grammar yang cukup bagus sekali apalagi rahasia penulisan IELTS Writing yang bisa meningkatkan kemampuan Anda secara langsung.

Nah, dari beberapa referensi buku diatas tentu saja Anda akan banyak sekali belajar dan dapat meningkatkan kemampuan secara bertahap. Memang semuanya perlu belajar dari dasar sampai dengan profesional, begitu pula untuk jenis uji atau tes bahasa Inggris tersebut. Seperti yang telah dikatakan diatas, IELTS dan TOEFL itu sama-sama penting. Karena keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga perlu dipahami. Bagi Anda yang berniatan untuk meneruskan sekolah pada universitas top luar negeri, sangat perlu sekali kemampuan tersebut. Mulai dari Eropa, Amerika, Australia dan beberapa lainnya. Makanya, asah kemampuan bahasa Inggris Anda sejak dari sekarang untuk kelancaran ujian masuk perguruan tinggi terbaik di luar negeri.

Demikian ulasan mengenai apa saja yang bisa Anda gunakan sebagai penambah kemampuan berbahasa Inggris sehingga bisa mendapatkan TOEFL dan IELTS score tertinggi sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika tips di atas masih belum dapat membuat Anda lebih mudah meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, bisa langsung saja menggunakan jasa bimbingan mentor yang sudah ahli dibidangnya. Apalagi saat ini sudah banyak sekali tempat kursus sekaligus tes kemampuan berbahasa Inggris sampai dengan lancar. Semoga bermanfaat dan berhasil untuk ujian kemampuan berbahasa inggris yang Anda lakukan.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *